Monday, June 21, 2021

Apakah Anda Memberi Pelatihan kepada Klien Apa yang Mereka Inginkan - Atau Apa yang Mereka Butuhkan

 Apakah Anda Memberi Pelatihan kepada Klien Apa yang Mereka Inginkan - Atau Apa yang Mereka Butuhkan

Bertahun-tahun yang lalu, di awal karir saya sebagai konsultan pelatihan independen, seorang teman baik memberi saya nasihat bijak. Saya telah berjuang dengan bagaimana menanggapi klien. Saya bisa melihat semua pelatihan dan kebutuhan sistem mereka. Namun, bukan itu yang diinginkan klien dari saya. Pada saat itu, saya tidak tahu apakah saya akan mengkhianati prinsip saya jika saya hanya memberi mereka apa yang mereka katakan yang mereka inginkan.

Sarannya adalah: "Berikan klien apa yang mereka inginkan, bukan apa yang Anda pikir mereka butuhkan."

Menurut teman saya, jika saya menginginkan pekerjaan itu, saya harus menerima dan menghormati keinginan klien. Dia merasa bahwa saya harus memuaskan klien terlebih dahulu Jasa Pemeriksaan Pajak. Setelah itu, klien akan lebih terbuka terhadap bantuan tambahan. Tidak ada jaminan bahwa pada akhirnya saya akan mendapatkan pekerjaan tambahan dengan klien. Namun, jika saya menolak untuk melakukan apa yang diinginkan klien karena saya pikir klien membutuhkan sesuatu yang lain, itu pasti akan menjamin bahwa saya tidak akan bekerja dengan klien saat itu atau nanti.

Seperti yang terjadi, saya telah berjuang dengan masalah yang sama ini selama dua bulan terakhir. Klien saya percaya bahwa pelatih mereka perlu memperkuat keterampilan presentasi mereka. Namun, saya telah meninjau rekaman video pendek para pelatih dan merasa bahwa, dengan sedikit pengecualian, keterampilan presentasi mereka cukup baik.

Sebaliknya, menurut saya yang membatasi presentasi mereka adalah desain program pelatihan mereka yang sebenarnya. Sulit untuk memberikan pelatihan menjadi efektif jika desain pelatihan tidak mencerminkan pemahaman yang baik tentang prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa, memenuhi kebutuhan gaya belajar yang berbeda, dan menggabungkan kegiatan pembelajaran yang dapat mencapai tingkat pembelajaran di luar pengetahuan.

Jika saya memiliki waktu beberapa hari untuk pelatihan ini, saya dapat dengan mudah memberikan apa yang mereka inginkan, serta apa yang saya tahu bahwa mereka membutuhkan. Sayangnya, yang saya miliki hanyalah satu hari. Jadi saya telah menghabiskan berjam-jam merancang dan mendesain ulang program pelatihan.

Satu pesan utama yang ingin saya sampaikan kepada para pelatih adalah bahwa mereka membuat orang kewalahan ketika mereka memberikan banyak informasi kepada peserta mereka. Namun, meskipun tidak mungkin untuk menjejalkan isi program empat hari kereta-pelatih menjadi satu hari, itulah yang saya coba lakukan.

Proses desain ini telah memaksa saya untuk mendefinisikan ulang dan membingkai ulang konten dan aktivitas pembelajaran yang biasanya saya sertakan. Ini sebenarnya merupakan latihan yang menarik, jika sangat menantang.

Misalnya: biasanya dalam program melatih-pelatih, saya meminta peserta menyelesaikan penilaian kebutuhan pelatihan dasar. Saya menyukai diskusi dan wawasan yang dihasilkan dari kegiatan pembelajaran ini. Namun, kebutuhan pelatihan organisasi klien saya didefinisikan dengan jelas dan didorong oleh proses yang sangat teknis dan perubahan prosedural. Oleh karena itu, pelatih tidak perlu melakukan penilaian kebutuhan pelatihan.

Saya harus dengan enggan mengakui bahwa konten ini akan menghabiskan waktu belajar yang berharga yang dapat dan harus digunakan pada konten yang lebih relevan. Akibatnya, saya juga harus benar-benar memikirkan kembali apa yang dimaksud dengan desain pelatihan yang efektif.

Hal ini mendorong saya untuk mengenali dan menilai kembali asumsi dan bias saya tentang proses pembelajaran. Selain itu, saya harus menerima kenyataan bahwa saya bukan bos dunia, atau wasit terakhir tentang apa yang harus diketahui dan dilakukan pelatih. Itu sangat merendahkan.

Saya akhirnya menyederhanakan proses desain pelajaran dengan menyaringnya menjadi empat pertanyaan kunci. Saya telah memodifikasi templat desain pelajaran untuk mencerminkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu. [Saya menjelaskan ini di artikel lain: Desain Pelajaran Disuling menjadi Empat Pertanyaan Kunci.]

Saya seorang konsultan pelatihan independen, jadi saya pasti perlu memberikan klien saya apa yang mereka minta. Namun, karena saya seorang pelatih yang ingin mempersiapkan peserta saya untuk sukses, saya akan melakukan yang terbaik untuk membantu mereka menemukan, melalui program satu hari, bahwa apa yang mereka minta mencakup jauh lebih banyak daripada yang mereka sadari semula.

No comments:

Post a Comment

Manfaat SPT yang Diproses Dengan Perangkat Lunak E-Tax ATO

 Manfaat SPT yang Diproses Dengan Perangkat Lunak E-Tax ATO Saya ingin memulai dengan beberapa angka untuk membuat bola bergulir. Pada Juli,...